Komputer Tertua di Dunia

Komputer ini berbobot 2,5 ton. Dipamerkan di museum Inggris.Komputer digital tertua yang pernah dioperasikan di dunia dipamerkan di Museum Nasional Kumputer di Inggris. Komputer berbobot 2,5 ton ini berhasil dihidupkan lagi setelah upaya pembenahan selama tiga tahun.
Pada 1950-an, komputer ini digunakan sebagai pendukung kerja pada program penelitian energi atom Inggris Raya. Komputer yang telah 15 tahun mendekam di gudang kota ini ditemukan secara tidak sengaja.
Desain dan konstruksi komputer ini dibangun pada 1949. Dibuat untuk ilmuwan yang bekerja pada pembangunan penelitian energi atom Inggris di Harwell, Oxfordshire. Awalnya, komputer ini diciptakan untuk meringankan tugas penghitungan secara elektrik yang sebelumnya dilakukan dengan menambahkan mesin.
Mesin ini pertama kali dioperasikan pada 1951 dan dikenal dengan Harwell Dekatron. Meski bekerja dengan lambat--mesin ini memerlukan waktu 10 detik untuk mengalikan dua angka--mesin ini terbukti sangat handal dan sering bekerja selama 80 jam dalam seminggu.
Pada 1957, mesin ini digantikan dengan komputer yang lebih cepat dan lebih kecil. Mesin ini kemudian dipindahkan ke Wolverhamton dan Stamfordshire Technical Collage (sekarang Universitas Wolverhampton). Di tempat baru ini, mesin tersebut digunaan untuk mengajar pemrograman dan mulai disebut dengan Witch (nenek sihir).
Setelah itu, mesin komputer ini ditemukan pada sebuah gudang penyimpanan dan selanjutnya dipindahkan ke museum di Bletchley. Pembenahan kemudian dilakukan untuk menghidupkan kembali mesin komputer kuno ini.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Komputer Tertua di Dunia yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top