Tentang 502 bad Gateway dan Cara Mengatasi

Pernahkah kalian mendapatkan error 502 Bad Gateway ketika browsing di Internet ? Banyak juga yang bertanya cara mengatasi 502 bad gateway, atau penyebab 502 bad gateway, sebenarnya apa arti 502 bad gateway itu ? sebagai informasi buat kalian saja 502 bad gateway adalah salah satu indikasi error pada server 502 Bad Gateway error ini biasanya terjadi kalo kebanyakan request yang masuk yang tidak bisa dihandle oleh server sehingga menjadi timeout. Klo pada apache error ini bisa disamakan dengan 500 Internal Server Error yang bisa dikatakan memiliki masalah yang sama, walaupun kadangkala bisa jadi karena error lainnya seperti salah setting pada .htaccess, dsb.

Pada end-user, masalah ini bisa diabaikan karena tidak ada hubungannya dengan browser atau komputer Anda. Tapi untuk para webmaster, waspada akan error ini menjadi penting, terutama hubungannya pada traffic dan resource server yang bisa mengindikasikan masalah yang berkepanjangan bila tidak segera diatasi. Cara mengatasi error 502 Bad Gateway ini umumnya tidak mudah, karena harus mengutak-atik setingan server dan menganalisa resource mana yang menyebabkan error tersebut.


Kalo Anda posisikan diri sebagai webmaster, mungkin perlu ditanyakan apa saja yang sudah Anda lakukan pada server belakangan ini sehingga menimbulkan 502 Bad Gateway? Dengan demikian akan terlihat apa saja yang menyebabkan masalah ini sehingga dapat diperbaiki yang pada akhirnya dapat memberikan visitor Anda kenyamanan dalam berselancar di situs Anda.

Bagaimana Cara Mengatasinya?
ika tidak ada Rule Iptable untuk membuka port yang melayani script fcgi (fastcgi), maka Anda akan mendapati pesan  “502 bad Gateway Nginx”.  Untuk membuka cPanelpun akan tetap muncul error sepeti itu.
Umumnya port untuk fcgi adalah 4567 dan 9000 , maka bukalah port tersebut di iptables.  Caranya dengan mengetikkan perintah berikut di SSH :
iptables -I INPUT 1 -p tcp --dport 4567 -j ACCEPT

Lalu ketikkan lagi :
iptables -I INPUT 1 -p tcp --dport 9000 -j ACCEPT

Lalu coba cek lagi domain Anda. Jika sudah tidak error, berarti Anda berhasil.
Silahkan share komentar Anda jika Anda punya pendapat lain.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Tentang 502 bad Gateway dan Cara Mengatasi yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top