Awalan nol pada Excel! Hilang?

Sedikit basi gan, tapi apa daya ini adanya pernah tidak temen-teman mengalami awalan nol hilang pada excel, saya kasih ilustrasi awalan nol pada nomor telepon. Saat memasukkan "080", maka ditampilkan "80" karena excel tidak mengenal perhitungan 080 dianggap sama degan 80. jika awalan nol tidak ditampilkan maka nomor telfon akan salah, dalam pengolahan angka pada excel dibagi menjadi dua, pertama penggunaan angka sebagai perhitungan dan penggunaan angka sebagai teks, yang pelu dilakukan adalah mengigatkan excel bahwa angka tersebut sebagai teks/perhitungan.
Ada dua metode yang bisa kita gunakan dalam menuliskan angka nol didepan, beri garis penghubung pada nomor telepon atau sisipkan tanda petik (‘) di awal nomor. maka excel akan mengenali angka tersebut sebagai teks.


Saya misalkan, Anda tidak ingin memberi garis penghubung pada nomor telepon. Dan proses menambahkan tanda petik cukup memakan waktu lama untuk semua nomor telepon. Metode kedua ini cukup praktis untuk digunakan.

Pilih sel yang berisi nomor telepon kemudian klik kanan. Dari menu yang ditampilkan, klik Format Sel.
Setelah jendela Format Sel ditampilkan, klik tab Angka, pilih Teks di Kategori.



Nomor telepon yang Anda masukkan sebelum menetapkan pengaturan dianggap sebagai angka numerik dan awalan nol dihilangkan. Oleh karena itu Anda harus menambahkan nol sesudahnya. Namun setelah menetapkan pengaturan, nomor yang Anda masukkan akan memiliki awalan nol. Disarankan Anda memformat sel sebelum mulai memasukkan nomor telepon.
Dari gambar diatas terlihat tanda segitiga hijau diatas kiri dari setiap sel, Klik sel tersebut.

Dapatkah Anda melihat ikon galat
 ditampilkan? Apabila mengklik ikon tersebut, akan ditampilkan galatAngka Disimpan Sebagai Teks, namun jangan khawatir. Anda dapat mengabaikan galat ini.

Namun, apabila tidak ingin galat tersebut ditampilkan. Klik Opsi Pemeriksaan Galat, hapus centang untuk opsi Angka diformat sebagai teks atau diawali dengan tanda petik. Terakhir, klik OK.
Nah segitiga hijau sudah hilang.

Poin yang bagus. Excel menyejajarkan angka numerik di sebelah kiri dan teks di sebelah kanan. Anda dapat membedakan antara angka dan teks dengan memeriksa penyejajarannya.
Bagaimana sudah paham, kalau belum dibaca lagi ya gan degan teliti dan sabar.
Saya akan menambahkan bagaimana kalau data kita sudah terlanjur banyak dan hilang angka 0 tidak bisa muncul kembali,,heheheee ane sendiri juga masih binggung gan.


setelah serching di paman google saya kepikiran gimana kalau saya membuat kolom sel baru dan mengisinya dengan angka 0 dan mengabungkanya dengan kolom sel angka kita, kita bisa mengunakan perintah =CONCATENATE(file1,file2).

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Awalan nol pada Excel! Hilang? yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top