Membeckup Registry Windows XP

Seringkali kita menemukan tips-tips untuk mengoptimalisasi Windows XP yang bertebaran di internet, seperti tips Mengembalikan “Folder Option” yang hilang atau tips Shutdown Windows Anda dengan cepat!. Bila kita perhatikan dengan seksama, adakalanya tips-tips tersebut mengharuskan kita untuk mengedit Registry Windows XP. Dan seperti kita ketahui, kecerobohan kecil saat meng-edit Registry bisa berakibat fatal, entah itu program tertentu menjadi ngadat atau yang lebih parah Windows XP bisa-bisa ngga mau booting dan memaksa anda untuk menginstal ulang Windows XP.

Sebelum itu terjadi pada diri Anda, ada baiknya sebelum mengedit Registry Windows XP, anda lakukan dulu Proses Back Up terhadap Registry Windows XP, sehingga bila setelah anda mengedit Registry ternyata ada salah satu program yang ngadat, atau Windows XP menjadi eror, anda bisa me-Restore Registry Windows XP pada kondisi dimana sebelum terjadi proses editing.

Dan inilah langkah singkat untuk memback up Registry Windows XP :

> Klik Start Menu -- RUN

> Kemudian masukan perintah berikut “Regedit” tanpa tanda kutip, untuk mengakses Registry Editor

> Untuk memulai proses Back Up, Klik Menu File – kemudian pilih Export

> Pada Jendela Export Registry File, pada pilihan Save In tentukan lokasi dimana anda akan menyimpan File Back Up anda; pada File Name tentukan nama file back up anda, kemudian pada Save as Type, sebaiknya anda biarkan secara default yaitu as *.reg

> Kemudian di bagian bawah ada opsi Export Range, anda pilih All bila ingin membackup registry anda secara keseluruhan (semua registry anda back up) atau anda pilih Selected Branch bila anda menginginkan hanya Branch yang terseleksi saja (Branch yang sedang dan akan anda edit).

> Setelah selesai klik Save

Kini anda telah mempunyai Back Up Registry Windows XP, dan anda bisa memulai proses editing terhadap Registry Windows XP. Bila ternyata setelah proses editing terjadi eror, jangan khawatir anda tinggal me-restore file back up yang sudah anda buat.

Caranya :

Double klik pada file back up yang telah anda buat tadi (*.reg), maka Registry Windows XP Anda pun akan kembali ke posisi semua dimana sebelum terjadi proses editing. Atau langkah lain anda bisa mengakses Menu File – Import pada jendela Registry Editor.

Selamat Mencoba, dan jangan takut untuk mengedit Registry Windows XP untuk mendapatkan kinerja Windows XP yang lebih baik, yang harus anda ingat hanya : lakukan back up sebelum anda melakukan proses editing terhadap Registry Windows XP.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Membeckup Registry Windows XP yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top