Kurma Untuk Ibadah Puasa dan Khasiat Bagi Kesehatan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat penting bagi umat islam, di mana umat islam menjalankan ibadah puasa. Dalam banyak hadits disebutkan bahwa pada saat berbuka puasa dan sahur, dianjurkan memakan buah kurma. Merupakan suatu kebaikan buat orang islam apabila bisa meneladani nabinya termasuk dalam hal makan. Tentunya Rasulullah menganjurkan untuk memakan buah kurma ini bukan tanpa alasan, tapi karena kurma ini mengandung manfaat yang cukup banyak.

Ditinjau dari sisi kesehatan, kurma ternyata mempunyai khasiat yang cukup banyak. Banyak zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung pada buah padang pasir ini. Gula (glukosa) menjadi komponen utama dengan komposisi yang mencapai 50 persen dari seluruh kandungan buahnya. Buah ini juga mengandung berbagai vitamin antara lain Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, dan vitamin B. Riboflavin dan niasin akan membantu melepaskan energi dari makanan, sedangkan thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin pentingn bagi sel-sel saraf, semeentara niasin menjaga fungsi normal saraf.

Kurma mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi, sehingga cukup bagus untuk jantung dan pembuluh darah. Denyut nadi akan semakin teratur dan otot-otot berkontraksi sehingga menstabilkan tekanan darah. Hanya saja untuk orang yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma, apalagi secara berlebihan.

Zat tannin yang tinggi pada kurma dapat digunakan sebagai anti diare. Kurma juga dapat digunakan sebagai obat flu, radang tenggorokan, mengatasi mabuk serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah. Caranya yaitu dengan memblender 500 gram kurma yang telah dibuang kulitnya, kemudian campur dengan lima gelas air putih sampai halus. Hasil dari blenderan tersebut diminum sebanyak satu gelas tiap satu jam selama sehari.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dari buah kurma, tetapi akan terlalu panjang apabila disebutkan semua di sini. Yang jelas, pada bulan puasa ini akan cocok sekali apabila kita mengkonsumsi kurma, baik pada waktu berbuka ataupun sahur, karena glukosa yang terkandung di dalamnya bisa menghasilkan energi untuk kita berpuasa. Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk rasulullah sholallahu 'alaihi wassalaam.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Kurma Untuk Ibadah Puasa dan Khasiat Bagi Kesehatan yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top