Malware SMS Blocker yang Menyerang Negara Rusia dan beberapa wilayah Asia

Malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah 'virus computer' terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus). Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu.
Peneliti keamanan internet Kaspersky mengingatkan beredarnya malware jenis baru bernama SMS Blocker yang menyerang negara Rusia dan beberapa wilayah Asia.

SMS Blocker merupakan varian dari ransomware, bentuk malware atau program berbahaya yang meminta pembayaran untuk memperbaiki sistem ataupun mendeskripsi file yang sudah diacak. Untuk membersihkan sistem korban harus mengirim SMS ke nomor premium yang dikontrol oleh penyerang sehingga akan menguras biaya sekitar US$10 (Rp 91 ribu). Terdapat beberapa variasi serangan ini, di antaranya memunculkan gambar porno dan terus memunculkan gambar hingga korbannya membayar. Beberapa mengklaim bahwa lisensi Windows tidak dapat digunakan kembali, sehingga harus mengirim SMS untuk mengaktifkan ulang. Bahkan ada pula yang mendapatkan peringatan untuk mengirim dua SMS. Boris Yampolsky, peneliti malware dari Kaspersky Lab yang mengungkap SMS Blockers, memperkirakan terjadi 500 ribu infeksi SMS blocker. Program jahat itu menggunakan teknik terbaru dan mengagumkan untuk menghindari deteksi dan penghapusan. Serangan ini tidak berpengaruh besar di AS karena cukup sulit mendapatkan nomor premium di AS untuk meminta uang.[INILAH.COM, Jakarta]

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Malware SMS Blocker yang Menyerang Negara Rusia dan beberapa wilayah Asia yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top