Open Source

Open Source, Makhluk Apa Itu ?

Bila diterjemahkan secara langsung, open source berarti “(kode) sumber yang terbuka”. Sumber
yang dimaksud disini adalah source code (kode sumber) dari sebuah software (perangkat lunak),
baik itu berupa kode-kode bahasa pemrograman maupun dokumentasi dari software tersebut.

Open source berlatar dari gerakan nurani para pembuat software yang berpendapat bahwa source code itu selayaknya dibuka terhadap publik. Tetapi pada prakteknya open source itu bukan hanya berarti memberikan akses pada pihak luar terhadap source code sebuah software secara cuma-cuma. Ada banyak hal yang perlu dipenuhi agar sebuah software dapat disebut didistribusikan secara open source atau dengan kata lain bersifat open source.

Organisasi bernama Open Source Organization, mendefinisikan pendistribusian software yang dapat disebut bersifat open source dalam The Open Source Definition. The Open Source Definition ini bukanlah sebuah lisensi, melainkan suatu set kondisi-kondisi yang harus dipenuhi, agar sebuah lisensi dapat disebut bersifat open source. Definisi ini dapat anda temukan di http://www.opensource.org/docs/definition.php (versi 1.9).

Dua poin definisi yang erat kaitannya dengan bisnis adalah bahwa lisensi bersifat open source tidak boleh melarang pihak ketiga untuk menjual software berlisensi open source sebagai komponen dari sebuah software yang lebih besar, dan lisensi bersifat open source tidakdiperbolehkan membatasi software lain. Sebagai contoh, lisensi itu tidak boleh memaksakan bahwa program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus bersifat open source atau
sebuah software kompiler yang bersifat open source tidak boleh melarang produk software yang
dihasilkan dengan kompiler tersebut untuk didistribusikan.

Daya Tarik Open Source

Ketika kita melisensikan program kita dengan lisensi open source, programer-programer dari penjuru dunia dapat berpartisipasi dalam pembuatan software kita. Dari titik pandang lain, dapat dikatakan kita memperoleh engineer-engineer yang berkualitas untuk membangun software kita ini secara gratis.

Memang tidak mudah untuk menarik perhatian programer-programer untuk ikut berpartisipasi membangun software kita. Tetapi begitu hal ini terwujud maka kita akan dapat melihat perkembangan yang kilat dari software kita. Baik perkembangan dari segi teknikal (versi) software itu sendiri maupun dari segi jumlah pengguna software kita. Dari segi bisnis, pengguna software inilah yang kemudian menjadi target dari bisnis open source. Secara singkat dapat dikatakan, bahwa sebuah open source software membentuk sendiri development environment dan marketnya.

Ada banyak proyek-proyek open source yang sukses saat ini, yang mungkin pembaca pernah dengar. Misalnya: Apache, Tomcat, JBoss, Zope, dll. Sulit dipungkiri bahwa software-software yang berlisensi open source ini sukses merajai dunia aplikasi web.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Open Source yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

3 comments:

SMS GERATIS

Back to top