Baidu Browser Cepat dan Punya Tampilan Yang Bagus

Baru-baru ini, perusahaan web besar asal China, Baidu (NASDAQ: BIDU), mengungkapkan bahwa Baidu Browser untuk Android sudah di-download oleh dua juta orang di Indonesia. Perusahaan ini memasarkan browser ini secara agresif di Indonesia dan merupakan satu dari delapan produk yang akan mereka luncurkan di negara ini. Jadi, kami ingin melihat bagaimana aplikasi baru ini bisa bersaing dengan browser smartphone lain di luar sana.


Yang akan kami review dalam artikel ini adalah Baidu Browser v3.1.0.2 versi bahasa Indonesia untuk Android. Anggota tim Baidu Browser Felix Li bulan Desember lalu menjelaskan bahwa mereka ingin menawarkan kecepatan, penggunaan yang mudah, dan kemampuan untuk mempersonalisasi web experience di browser tersebut. Sejauh ini mereka memberikan semua hal tersebut dengan sangat baik.

Menu dashboard (kiri), dan konten gambar (kanan)
Fokus pada Kecepatan
Baidu Browser cukup cepat. Tim Baidu Browser sendiri mengatakan bahwa, teknologi T5 yang berorientasi pada HTML-5 mereka membantu mempercepat waktu untuk memuat sebuah halaman sampai 30 persen.

Fokus pada kecepatan juga terlihat pada interface-nya, dengan tiga cara (shortcut) untuk mengakses website favorit Anda: dashboard, desktop, dan widget. Inilah bagian yang membuat Baidu menjadi lebih lokal karena browser ini merekomendasikan shortcut untuk situs seperti Kaskus, Detik, dan Kompas. Jangan takut, Anda bisa menambah atau mengurangi shortcut tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Sayangnya, tile untuk desktop shortcut tidak bisa diedit baik huruf maupun warnanya.

dua desktop shortcut (kiri) dan widget Baidu Browser (kanan)
Meskipun baru di Indonesia dan negara lain serta dipasarkan secara agresif tahun ini, Baidu Browser sendiri bukanlah aplikasi baru. Aplikasi ini sudah ada di China selama beberapa tahun. Tampilannya saat ini adalah hasil dari perombakan Baidu Browser di tahun 2012, saat Baidu memutuskan bahwa mereka perlu membentuk web melalui aplikasinya sendiri.

Fitur Browsing Tambahan
Browser ini menawarkan beberapa fitur yang bisa meningkatkan browsing experience Anda seperti “night mode”, incognito mode, “scroll button” (yang memungkinkan penggunanya melakukan scrolling menggunakan tombol, bukan dengan swiping), text only, dan page search. Anda juga bisa mengganti wallpaper browser ini sesuai keinginan Anda.

Baidu Browser juga punya empat fitur dan konten kecil lainnya untuk Anda: cuaca, berita, gambar, dan sebuah scanner QR. Tipe konten yang akan ditampilkan akan tergantung pada negara atau wilayah lokasi Anda. Anda bisa mengakses semua konten tersebut di dashboard atau widget. Sejauh ini, saya menyukai pengalaman menggunakan Baidu Browser. Tapi, jika ada kritik untuk aplikasi ini, maka itu adalah bagian konten gambar-gambar wanita sexy yang mungkin tidak pantas untuk pengguna yang masih muda.
Perbandingan day mode dan night mode
Menurut HTML5Test, Baidu Browser untuk Android mendapat skor 436 dari maksimal 555 poin. Sebagai perbandingan, skor Opera 478, Chrome mendapatkan skor 462, UC Browser mendapatkan skor 407, dan Dolphin 278. Skor tersebut tidak dinilai berdasarkan kecepatan, melainkan berdasarkan seberapa baik browser itu bisa menampilkan website berbasis HTML-5 yang lebih modern.

UC Browser asal China mengklaim memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif di China. Opera sendiri sudah sangat populer, sehingga Baidu bisa dibilang punya saingan berat. Tapi, aplikasi Baidu ini, yang dilokalisasi ke berbagai negara dan sudah memiliki lebih dari 150 juta pengguna, punya tampilan dan kecepatan yang bisa membuat mereka mampu bersaing.

Anda bisa men-download Baidu Browser untuk Android di sini.

Sumber : Techinasia

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Baidu Browser Cepat dan Punya Tampilan Yang Bagus yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top