Faktor Pemicu Munculnya Komedo

Banyak yang merasa terganggu dengan munculnya komedo. Apa sebenarnya faktor pemicu munculnya komedo pada wajah?
Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Eko Krisnarto, jerawat merupakan peradangan pada unit di satu bagian kulit, ditandai adanya komedo. "Paling sering muncul di daerah T wajah (daerah hidung dan kening), karena lebih berminyak sehingga komedo semakin banyak," ujar dia.
Eko menjelaskan, komedo mengandung melanin kulit yang teroksidasi. Ada dua jenis komedo, yaitu white comedo dan black comedo. Komedo putih berada di dalam kulit atau biasa disebut komedo tertutup.
Sedangkan komedo hitam muncul di luar kulit atau disebut komedo terbuka. "Komedo yang kelihatan dan muncul berwarna hitam itu teroksidasi, artinya sudah terkena udara," jelas dia.
Komedo muncul lantaran aktifitas hormon androgen. Hormon tersebut merangsang pembentukan lemak dan mengental menjadi komedo. Aktifitas hormon androgen akan mengalami peningkatan karena dipicu beberapa faktor. "Misalnya, stress, makanan pedas, rokok, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung glukosa atau karbohidrat," terang dia.
Berbagai produk yang dijual di pasaran, kata Eko, bisa saja menghilangkan komedo. Pada prinsipnya, ada banyak obat-obat yang mengandung komedolitik atau bisa menghilangkan komedo.
"Tetapi, hasilnya akan sama kalau masih menjalani gaya hidup yang mengonsumsi makanan-makanan yang bisa memicu komedo," tambah dia.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Faktor Pemicu Munculnya Komedo yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top