7 Kesalahan Pebisnis Rumahan

Banyak kisah pengusaha rumahan atau pebisnis yang menjalankan bisnis di rumah menuai sukses. Tapi banyak juga orang yang menjalankan bisnisnya di rumah mengalami kegagalan.

Jika Anda sedang merencanakan membuka bisnis sendiri di rumah, berikut ini kesalahan-kesalahan yang harus Anda hindari agar usaha bisa sukses:

1. Menjalankan pekerjaan hanya sebagai hobi
Bisnis di rumah juga memerlukan banyak aktivitas dan tidak lebih enteng dari kerja di kantor. Lakukan bisnis di rumah sebagai pekerjaan utama, bukan hanya semata hobi atau sekadar mengisi kekosongan waktu. Bila Anda melakukannya sebagai hobi, usaha Anda akan sulit berkembang. Maka: jangan malas bangun pagi, konsisten dan patuhi jadwal pekerjaan, dan disiplin untuk bekerja di jam kerja.

2. Menganggap bekerja di rumah tak perlu rapi
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kerja di rumah bebas dalam berpakaian. Hanya bercelana pendek dan kaus singlet pun jadi. Benarkah seperti itu? Rasanya tidak. Apa pun jenis bisnis yang Anda pilih, berpenampilan rapi tetap penting. Misalnya Anda berjualan ikan hias di rumah, kemudian melayani pembeli yang datang ketika Anda belum mandi dengan rambut awut-awutan dan baju tidur kusut. Kira-kira pelanggan tersebut akan kembali atau tidak? Rasanya tidak. Jadi, bebas boleh, tapi tetap jaga kesopanan.

3. Tak perlu jam kerja
Keuntungan kerja di rumah adalah waktu kerja fleksibel. Benarkah seperti itu? Bila beranggapan seperti itu, coba Anda tanyakan kepada mereka yang sudah sukses menjalankan bisnis di rumah. Apakah mereka hanya bersantai dan uang datang sendiri? Bersiaplah mendapatkan jawaban mengagetkan, bahwa mereka bekerja layaknya pekerja kantoran—bahkan lebih sering lembur! Anda harus menetapkan jam kerja yang harus dipatuhi dan bekerja secara disiplin di rumah sesuai skala prioritas yang sudah ditentukan.

4. Tak perlu menetapkan target
Target sangat penting untuk ditetapkan untuk fokus pada pekerjaan yang harus diselesaikan. Tanpa target, kita akan kebingungan dalam menjalankan bisnis—apa yang harus dilakukan ke depan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Jadi, pemilik bisnis rumahan tetap harus memiliki target jangka pendek, menengah, dan panjang. Sebagai contoh: menghubungi prospek bisnis tiga orang dalam sehari. Bila hal ini dilakukan dengan disiplin, pasti Anda akan mendapatkan hasil yang menggembirakan.

5. Tidak memisahkan waktu kerja dan waktu untuk keluarga
Salah satu godaan paling berat dalam menjalankan bisnis di rumah adalah memisahkan waktu kerja, waktu bermain, dan waktu untuk keluarga. Tidak memisahkan ketiga waktu tersebut secara jelas dan tegas akan menimbulkan stres dan mungkin akan kehilangan hasil terbaik dari ketiganya. Anda juga harus memberikan pengertian kepada keluarga bahwa Anda mempunyai waktu bekerja, dan pada waktu-waktu itu harus diberikan keleluasaan untuk bekerja. Begitu pula ketika Anda sedang berkumpul dengan keluarga, sebaiknya Anda melupakan segala pekerjaan Anda.

6. Hanya menyediakan produk, tanpa memikirkan nilai
Sebagian pebisnis rumahan hanya menyedikan produk dan tidak mau memikirkan apa nilai lebih dari produknya. Misalnya Anda menjalankan bisnis laundry, jangan hanya menawarkan jasa laundry kepada pelanggan. Berikan “nilai lebih” kepada pelanggan misalnya selesai tepat waktu, tak ada noda tersisa, dan baju dijamin wangi.

7. Tidak mencatat pembukuan dengan baik
Tidak memisahkan mana uang bisnis dan uang keluarga sering menjadi awal dari kehancuran bisnis rumahan. Keuangan bisnis harus benar-benar terpisah dari keuangan keluarga. Jangan menggunakan sistem tambal sulam. Caranya, pisahkan rekening bisnis dan rekening keuangan keluarga. Dan jangan lupa, catat dengan rinci dan teliti keuangan bisnis Anda, baik uang keluar maupun uang masuk.

Selamat mencoba. Sukses selalu untuk Anda!
Oleh : Andrie Wongso

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul 7 Kesalahan Pebisnis Rumahan yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top