8 Tips Memulai Usaha Toko Adventure


Kegiatan adventure dan traveling semakin marak di kalangan mahasiswa hingga karyawan swasta. Selain menyenangkan, kegiatan di alam bebas juga memacu adrenalin dan memberi tantangan tersendiri bagi peminatnya. Kegiatan ini tidak hanya sebagai pengisi waktu liburan saja, namun juga sebagai sarana berolahraga.

Banyak yang bilang bahwa olahraga jenis ini termasuk olahraga yang cukup mahal. Kegiatan adventure seperti hiking atau naik gunung tentunya membutuhkan peralatan yang safety procedure dan sesuai dengan sandar. Hal ini tidak luput dari perhatian para pengusaha-pengusaha yang mulai memanfaatkan penjualan travelgear sebagai bisnis yang sangat menguntungkan. Apa saja yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis toko adventure? Simak beberapa tips berikut ini.

Miliki hobi berpetualang
Petualangan tentunya menambah pengalaman dan teman baru. Banyak kisah unik yang akan didapat ketika menjelajah suatu tempat. Semakin Anda mencintai hobi ini, semakin Anda tahu apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini.

Sebagai contoh Anda adalah seorang pendaki gunung, tentunya akan mencari jenis tas yang nyaman dan ringan di punggung, sepatu jenis apa yang tidak membuat kaki mudah terkilir, tenda seperti apa yang dapat menahan dari hujan dan badai, hingga peralatan pendakian lainnya.

Selain itu, sebagai pendaki gunung, Anda tentu memiliki banyak teman dan jaringan yang tersebar luas karena pengalaman mendaki. Teman-teman tersebutlah yang nantinya akan menjadi target pasar. Mereka tentu membutuhkan Anda untuk menyediakan travel gear yang menjadi kebutuhan mereka.

Bila barang-barang yang Anda jual cukup lengkap, mereka tentu akan mempromosikan toko adventure milik Anda kepada teman sependakian yang lainnya, apalagi jika memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jika Anda tidak menyukai kegiatan ini sedikitpun, Anda dapat berkonsultasi dengan teman-teman yang mengerti dengan bidang ini.

Cari lokasi yang strategis
Pastikan lokasi toko yang akan dibuka berada ditempat yang dekat dengan berdirinya sebuah komunitas pecinta alam. Bisa juga menjadikan toko sebagai tempat nongkrong mereka. Semakin ramai toko Anda, semakin menarik perhatian pelanggan lain karena penasaran dengan apa saja yang dijual di dalam toko Anda.

Beri nama yang unik pada toko Anda
Pelanggan akan tertarik dengan nama yang unik dan mudah diingat. Kebanyakan toko adventure menggunakan nama atau puncak gunung sebagai nama depan, dan menambahkan kata outdoor sebagai nama belakang. Carilah nama atau puncak gunung yang paling digemari pelanggan Anda agar mereka mudah mengingatnya.

Lakukan survey tentang merek yang paling digemari
Saat ini mendaki gunung bukan sekedar olahraga saja, tapi juga sebagai status sosial. Semakin mahal peralatan yang mereka pakai, semakin diakui statusnya dalam suatu komunitas. Semakin banyak barang bermerek yang melekat di tubuh seorang pendaki gunung, semakin ia disegani oleh pendaki lain yang hanya menggunakan travel gear buatan lokal.

Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda dapat menyediakan produk lokal dan luar negeri. Utamakan produk lokal sebagai barang yang akan dipamerkan di toko Anda. Selain harganya yang terjangkau, barang-barang ini juga banyak diminati kalangan pelajar.

Sementara untuk produk buatan luar, dapat disiasati dengan memamerkan beberapa merek saja. Bila laris manis, pastikan pelanggan memesan kepada Anda dan serius untuk membeli barang tersebut ketika Anda memesan kepada distributor.

Aktif di media sosial
Media sosial seperti twitter dan facebook sangat membantu penjualan travel gear Anda. Bergabunglah dengan grup-grup yang aktif dalam dunia pendakian dan petualangan. Selain itu juga dapat mengikuti akun-akun komunitas dan mempromosikan toko yang baru dibuka kepada mereka. Mereka akan sangat antusias dengan barang yang Anda jual, terlebih lagi bila toko tersebut sering mengadakan kuis di twitter atau memberikan diskon.

Unggah foto-foto travel gear yang tersedia di toko Anda berikut harganya. Berikan keterangan tentang keutamaan produk tersebut. Contohnya Jual jaket waterproof, bisa sekaligus dipakai sebagai jas hujan, bahan ringan, cepat kering dan sebagainya.

Tulis keterangan tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami sehinga calon pembeli memiliki keinginan besar untuk memesannya. Jangan segan-segan mengundang mereka ke toko Anda untuk melihat peralatan lain.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan calon pelanggan dengan ramah. Biasanya mereka akan bertanya tentang merek apa saja yang dijual di toko Anda. Atau menanyakan ketersediaan barang yang mereka butuhkan. Anda bisa menawakan berbagai macam produk travel gearlain yang tersedia di toko.

Buat portal pribadi seperti website atau blog
Dengan menggunakanmedia ini tentu dapat mengulas barang-barang yang Anda sediakan semaksimal mungkin. Foto-foto juga bisa dikelompokan tergantung jenis barangnya. Pembeli lebih mudah memilih barang yang mereka butuhkan hanya dengan mengklik foto dan menambahkan ke keranjang belanja online.

Untuk desain web/blog yang maksimal, Anda dapat menyerahkannya kepada web master. Hal ini membuat toko outdoor Anda semakin diakui kualitas dan keberadaannya.


Jadilah sponsor pada acara pendakian massal
Pendakian massal adalah acara yang sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini. Kebanyakan pendaki pemula memanfaatkan pendakian massal sebagai tempat pertama kalinya mereka belajar tentang pengalaman pertama mendaki gunung, dikarenakan acara tersebut sudah tentu diadakan oleh pendaki-pendaki yang lebih senior dan berpengalaman.

Biasanya, untuk menjalankan acara tersebut, panitia membutuhkan sponsor kepada perusahaan dan toko-toko outdoor dengan perjanjian meletakkan logo dari perusahaan dan toko tersebut di banner/spanduk pendakian massal yang akan mereka laksanakan.

Anda dapat berpartisipasi sebagai donatur, tidak hanya berupa materi namun bisa juga memberikan kupon diskon setelah membeli produk yang hanya tersedia di toko Anda, atau menyewakan sebagian peralatan untuk keperluan pendakian, bisa juga menyediakan sertifikat pendakian massal.

Anda juga bisa mendonasikan sejumlah uang dan melakukan penawaran dengan panitia untuk mempromosikan atau sekedar mengulas produk di akun sosial mereka. Mereka tentu memiliki banyak pengikut sehingga dapat membuat toko outdoor Anda semakin banyak dikunjungi.


Sewakan beberapa peralatan pendakian
Cobalah untuk menyewakan beberapa barang seperti tas, tenda, kompor dan peralatan kelompok yang lainnya. Anda dapat melakukan survey ke beberapa toko outdoor untuk mendapatkan harga standar dan ketentuan untuk penyewaan setiap barang.

Sewakan peralatan yang cukup kuat dipakai berkali-kali sehingga pelanggan tidak ragu untuk menghubungi Anda kembali. Jadikan penyewaan ini sebagai sampingan saja, fokus Anda tetap pada penjualan barang.

Memulai usaha travel gear sudah dipastikan sangat menguntungkan. Tidak sedikit toko outdoor yang mulai membuka cabang karena keuntungan yang diraih lumayan besar. Jangan ragu untuk memulainya dan melihat sendiri bagaimana antusiasme para pendaki gunung saat membeli travel gear baru. Usaha ini akan terus berjalan selama gunung-gunung di Indonesia masih bisa didaki.

Demikian sekilas artikel tentang tips mudah memulai usaha toko adventure, semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pecinta pendaki gunung. Sekian dan terimakasih.

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul 8 Tips Memulai Usaha Toko Adventure yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top