SISTEM PEMILIHAN PEJABAT STRUKTURAL DENGAN METODE AHP

Metode AHP merupakan salah satu model untuk pengambilan keputusan yang dapat membantu kerangka berfikir manusia. Metode ini mula-mula dikembangkan oleh Thomas L. Saaty pada tahun 70-an. Dasar berpikirnya metode AHP adalah proses membentuk skor secara numerik untuk menyusun rangking setiap alternatif keputusan berbasis pada bagaimana sebaiknya alternatif itu dicocokkan dengan kriteria pembuat keputusan.Adapun struktur hirarki AHP ditampilkan pada gambar berikut:



Telah dibuat suatu simulasi sebagai alat untuk memilih pejabat struktural. kriteria yang digunakan Manajerial, Kualitas kerja, Pengetahuan, Tangung Jawab, Komunikasi dan Kerja sama, Motivasi, Disiplin kerja. Proses penyelesaian metode AHP adalah :

a. Menentukan urutan prioritas kriteria.
b. Menentukan nilai bobot setiap bakal calon.
c. Membuat matriks dengan isi urutan prioritas kriteria dan nilai bobot.
d. Bentuk dihitung dengan metode AHP.

Hasil akhir nilai prioritas global bakal calon dipakai sebagai alat pengambilan keputusan pemilihan oleh Ketua Suatu instasi.

Adapun contoh langkah metode AHP dapat anda download disini, AHP.xls

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul SISTEM PEMILIHAN PEJABAT STRUKTURAL DENGAN METODE AHP yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top