Diabetes Militus

Diabetes Melitus (DM) adalah keadaan hyperglikemia (kadar - gula darah tinggi) yang kronik disertai berbagai kelainan meta bolik akibat gangguan hormonal.

Akibat gangguan hormonal tsb dapat menimbulkan komplikasi pada mata seperti katarak ,ginjal (nefropati) ,saraf dan pembuluh darah. Ada dua type DM ,yang pertama adalahyang tergantung dengan insulin ,type ini biasanya disebabkan karena destruksidari sel beta langerhans akibat proses auto imun. Sedangkan type yang kedua adalah DM yang tidak tergantung pada insulin akibat dari kegagalan relatif sel beta langerhans.
Gejalanya :Biasanya akan terdapat gejala banyak buang air kecil ,terutama pada malam hari ,sehingga penderita akan berulang kali bangun sebelum pagi hanya untuk ke kamar kecil. Selain itu juga akan merasa cepat lapar dan akan merasa lapar lagi walau belum beberapa lama.Merasa haus walau belum beberapa lama kamu minum . Gejala lain yang sering juga dikeluhkan adalah sering kesemutan gatal ,mata kabur sehingga cepat gati kacamata , disfungsi ereksi ,gatal-gatal pada vulva vagina. Banyak makan tapi badan menjadi kurus ,orang gemuk dengan cepat menjadi kurus.
Pemeriksaan Penunjang ;Biasanya Dokter akan mengaunjurkan pemeriksaan gula darah puasa ,untuk menentukan kadar gula dalam darah Gula darah puasa ,normal <>
Bila nialai hasil pemeriksaan laboratorium lebih tinggi dari angka normal ,maka ia dapat dinyatakan menderita DM.
Pengobatan :Bila hasil laboratorium gula darah tidak terlalu jauh dari angka normal , maka dokter akan menganjurkan diet rendah kalori terlebih dahulu dan olah raga secara teratur. Bila telah melakukan diet dan olah raga kadar gula darah masih juga tinggi ,maka biasanya dokter akan memberikan obat anti diabet atau OAD.
Obat-obat Diabet yang beredar dipasaran al : Daonil , AmarylGlucophage , Diamicron dsb.
tentunya ini hanya Dokter yang boleh meresepkannya. JANGAN SEMBARANG MINUM OBAT ANTI DIABET !!! tanpa rekomendasi dari Dokter ,karena dapat berakibatFATAL !!

postingan terkait:

Ditulis Oleh : Unknown ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Diabetes Militus yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 komentar:

SMS GERATIS

Back to top