Mungkinkah Berhenti Kerja Sekarang?

Pertanyaan: Usia saya 32 tahun dan saat ini bekerja dengan gaji Rp 3 juta per bulan. Saya punya bisnis sampingan, misalnya produksi arang dari batok kelapa dan beternak kroto. Mungkinkah saya mengakhiri pekerjaan sebagai karyawan dan fokus berbisnis yang sudah berjalan itu?

Hendri Yadi

Halo Pak Hendri,

Pertanyaan Anda sangat menarik. Di usia muda dan produktif Anda sudah memiliki bisnis sekaligus menjadi seorang pegawai. Sering kali alasan seseorang menjadi pegawai karena rasa aman dengan gaji pasti setiap bulan guna membiayai kehidupan sehari-hari. 

Masyarakat di lingkungan kita memang, pada umumnya terdidik dengan mental untuk menjadi pegawai. Ingat saja saat orang tua kita berkata, “Sekolah yang bener supaya dapat nilai bagus, biar kalau sudah lulus, gampang dapat kerjaan bagus.” Tak heran jika di Indonesia, saat ini jumlah pengusaha tidak sampai 2 persen dari jumlah penduduk.

Menurut saya, strategi berbisnis saat masih aktif sebagai pegawai adalah hal yang tepat. Mengapa? Memulai sebuah bisnis memiliki berbagai macam risiko. Tahapan paling sulit bagi pengusaha biasanya terdapat di tiga tahun pertama. Yakni, saat bisnis baru dimulai hingga stabil untuk mebiayai dirinya sendiri. Risiko inilah yang harus dipikirkan saat kita memulai bisnis. 

Namun, sebelum memutuskan berhenti jadi pegawai dan terlibat penuh dalam bisnis, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, Anda harus mengetahui kebutuhan untuk membiayai kebutuhan hidup keluarga setiap bulan. 

Misalnya, selama ini gaji Anda Rp 3.000.000 yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Gaji ini harus bisa digantikan oleh hasil usaha yang Anda lakukan. 

Kedua, miliki dana cadangan minimal untuk 9 bulan kebutuhan hidup keluarga. Ini akan menjadi simpanan bahan bakar untuk menghidupi keluarga, seandainya bisnis yang Anda lakukan belum berjalan seperti rencana. Diharapkan, sepanjang rentang simpanan itu digunakan, Anda mampu mencari jalan keluar atau mengimplementasikan “Plan B”. 

Ketiga, Anda perlu memiliki rencana bisnis yang jelas. Mulai dari menentukan target penjualan, operasional bisnis, sumber daya manusia, keuangan, hingga pemasaran produk. Dengan perencanaan yang baik, Anda mengurangi risiko kerugian dalam berbisnis. 

Tujuan akhir dari bisnis adalah memperoleh passive income. Kita harus membuat bisnis kelak berjalan dengan sendirinya tanpa perlu Anda terlibat 100 persen di dalamnya, sehingga Anda dapat menciptakan unit bisnis selanjutnya. So, never start a business without a proper business plan!

Bisnis merupakan instrumen investasi yang mampu memberikan return sangat tinggi. Untuk menjadikannya investasi yang bernilai, tentu memerlukan usaha dan pengorbanan yang tidak sedikit. Seorang pengusaha yang tidak boleh mudah menyerah. 

Dalam bisnis, rumus high risk high return juga berlaku. Apabila Anda berpikir untuk memiliki bisnis saat pensiun kelak, mulailah berpikir tentang bisnis apa yang akan Anda lakukan sejak dini. Miliki juga barbagai macam pengetahuan yang diperlukan dengan menginvestasikan waktu dan uang untuk terus belajar, sebagai modal penting memulai sebuah bisnis.

Bisnis senantiasa membutuhkan modal. Semakin cepat Anda mulai menyisihkannya dari pendapatan sekarang, semakin besar modal yang terbentuk di masa depan. Terakhir, jangan memulai menjelang Anda pensiun, mengingat tingginya risiko di awal tahun berbisnis.

Berpikirlah untuk merealisasikan bisnis Anda sedini mungkin sebelum pensiun. Semakin muda Anda memulai bisnis, semakin kecil risiko yang Anda miliki. Sebab Anda masih memiliki waktu panjang untuk menghadapi berbagai risiko. 

Karakter dan mental pebisnis jauh berbeda dengan seorang pegawai. Apabila pegawai selalu menunggu waktu gajian setiap bulan, pengusaha harus memikirkan bagaimana bisa membayar gaji karyawannya setiap bulan. 

Jika Anda pernah merasa bosan dan tidak termotivasi sebagai pegawai, sebagai pengusaha Anda harus terus termotivasi dalam menjalankan perusahaan dan terus berusaha untuk selalu memotivasi pegawai Anda. Tetapi di kemudian hari Anda merasakan buah dari usaha Anda. 

Anda mampu menghidupi banyak orang di lingkungan Anda. Semua kerja keras dan usaha yang Anda keluarkan akan sepadan dengan apa yang Anda rasakan. Kiranya apa yang saya sampaikan ini bisa membantu Anda untuk membuat keputusan.

To serenity,

Dwita Ariani, MM, RFA, RIFA
Financial educator dari Zelts Consulting

Twitter  : @BundaWita
Blog     : toserenity.wordpress.com
E-mail  :    TanyaDwita[at]Gmail.Com

Ditulis Oleh : Agung Prabowo ~ AGP88Blogs

Agung P Anda sedang membaca artikel berjudul Mungkinkah Berhenti Kerja Sekarang? yang ditulis oleh AGP88 yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di AGP88

0 comments:

SMS GERATIS

Back to top